Monday, May 13, 2013

Tips Mendapatkan Beasiswa Di Dalam Maupun Di Luar Negeri


Biaya pendidikan dibangku perkuliahan saat ini memang dirasa cukup mahal, apalagi bagi golongan menengah kebawah. Sangat sulit sekali bagi mereka mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Namun hal ini tidak berlaku bagi mereka yang memiliki kemamuan kuat untuk mendapatkan pendidikan yang berkulitas meskipun berasal dari golongan menengah bawah. Banyak fasilitas yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas ini. Salah satunya adalah beasiswa. Ada banyak beasiswa yang ditawarkan, baik dari pemerintah, lembaga pendidikan, maupun swasta. Nilainya pun bermacam-macam, mulai dari beasiswa penuh dimana seluruh biaya pendidikan ditanggung oleh pemberi beasiswa, maupun beasiswa yang mengcover sebagian saja dari jumlah biaya pendidikan. Dengan demikian, bukan mustahil lagi kita dapat mendapatkan pendidikan yang berkualitas, baik di dalam maupun di luar negeri.
Berikut saya bagikan tips untuk mendapatkan beasiswa.

  • Siapkan Diri Sedini Mungkin.


Untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas dengan beasiswa, kita harus menyiapkan sedini mungkin kualifikasi yang diperlukan. Hal yang mungkin adalah mempersiakannya sejak kita dibangku sekolah menengah atas (SMA), meskipun tidak menutup kemungkinan kita bisa memeprsiapkannya lebih awal lagi. Kita harus fokus pada setiap mata pelajaran dengan harapan kita dapat memahami mata pelajaran tersebut dan mendapatkan nilai yang baik. Kita harus membiasakan mental kita agar selalu disiplin. Kita juga harus sudah mengetahui bidang yang akan kita tekuni, dengan demikian kita dapat berkonsentrasi pada bidang tersebut. Buatlah target-target yang ingin dicapai untuk mengetahui tingkat keberhasilan yang telah kita raih dan menjadi bahan evaluasi dikemudian hari.

  • Aktif Dalam Organisasi Dan Kejuaraan.


Sekarang ini sebagian besar pemberi beasiswa mensyaratkan calon penerima beasiswa untuk aktif dalam organisasi. Oleh karena itu, kita tidak boleh mengesampingkan hal ini. Keatifan kita dalam berorganisasi akan menjadi nlai tambah untuk mendapatkan beasiswa. Kita bisa memulainya dengan aktif di OSIS waktu SMA. Banyak manfaat bila kita bergabung di organisasi. Diantaranya adalah kita pandai dalam mengatur waktu. Dalam berorganisasi kita memang dituntut untuk dapat mengatur waktu kita. Dengan demikian, kita tidak akan mendapatkan masalah apabila kita memiliki aktivitas yang banyak dan menjadi lebih disiplin. Selain itu, dengan berorganisasi kita akan lebih mudah dalam bersosialisasi. Yang paling utama dalam berorganisasi adalah memupuk jiwa kepemimpinan kita. Dengan berorganisasi, kita akan ikut bertanggung jawab atas aktivitas yang dilakukan oleh organisasi, dan juga kemampuan kita dalam memecahkan masalah organisasi serta membuat gagasan-gagasan untuk memajukan organisasi dapat dikembangkan dengan maksimal.
Selain itu, usahakan untuk selalu ikut dalam setiap kejuaraan yang ada, baik kejuaraan akademik maupun non akademik. Hal ini akan memotivasi kita untuk terus belajar dan berusaha dengan baik. Dan juga, kita akan terbiasa dengan suasana kompetisi dan persaingan yang sehat. Hal ini juga akan menambah nilai plus pada diri kita.

  • Kuasai Bahasa Inggris


Bukan rahasia umum lagi kalau bahasa inggris wajib dikuasai di era glabalisasi seperti saat ini. Pemberi beasiswa mewajibkan kita memiliki kemampuan berbahasa inggris yang baik, bahkan meraka memiliki standar sendiri untuk kemampuan bahasa inggris yang harus dimiliki. Ini merupakan syarat mutlak jika kita menginginkan beasiswa ke luar negeri. Oleh karena itu, kita harus menyiapkannya sedini mungkin. Meskipun ada istilah “tidak ada kata terlambat untuk belajar”, tapi akan lebih baik lagi jika sudah dipersiakan sedini mungkin. Akan semakin baik lagi jika kita menguasai bahasa lain juga, seperti Mandarin, Korea, Jepang, Jerman, dll.

Selain ketiga hal tersebut, anda juga harus aktif dalam mencari informasi tentang beasiswa. Banyak forum online yang memberikan informasi mengenai beasiswa, baik di dalam maupun di luar negeri. Apabila itu semua sudah anda lakukan, maka peluang anda untuk mendapatkan beasiswa akan semakin besar. Dan jangan lupa untuk selalu berdoa, karena itu akan memperlancar segala usaha anda.

No comments:

Post a Comment